Sabtu, 03 Oktober 2009

Keanekaragaman Tingkat Gen

Semua mahluk yang ada di dunia ini mempunyai kerangka dasar atau komponen yang sama.Kerangka yang tersusun dari jutaan hingga ribuaan juta faktor  menurun yang mengatur tata penurunan sifat organisme tersebut.Faktor- faktor menurun tersebut ialah gen atau plasma nutfah 

Komposisi dan jumlah faktor kerangka dasar gen bisa berbeda-beda.Perbedaan jumlah dan susunan faktor yang akan menimbulkan keanekaragaman tingkat gen.Untuk bisa lebih mengerti dapat di ibaratkan bahwa gen itu adalah huruf alabet.Huruf alfabet terdiri atas 26 huruf,dan dari ke dua puluh enam huruf tersebut dapat di susun menjadi ribuan sampai jutaan suku kata dan kalimat.


Yang menyebabkan keanekaragaman semakin tinggi karena setiap individu mempunyai banyak gen.Maka dalam persilangan antar tetua akan menghasilkan banyak variasi.

For Example :
Tanaman kelapa yang sejenis , memiliki tampilan yang berbeda misal warna buah, pelepah daun, ukuran buah, ukuran batang, ukuran daun nya.


                                                                 Pohon Kelapa Hijau









Pohon Kelapa Sawit

Dari uraian di atas dapat disimpulkan jelas bahwa di antara individu sejenis pun masih terdapat perbedaan,dan itu menunjukkan keanekaragaman gen


You have to endure caterpillars if you want to see butterflies.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar