Sabtu, 03 Oktober 2009

Nilai Manfaat Produktif dan Non Konsumtif

Nilai manfaat Produktif


Artinya nilai-nilai produk keanekaragaman hayati dapat dieksploitasi secara komersial.Banyak industri yang membutuhkan tumbuhan dan hewan untuk bahan baku produksinya.

Ada yang diambil batangnya, umbinya, buah, bunga , daun, daging, susu, telur.Industri kertas memerlukan jutaan ton batang tumbuhan.Industri obat-obatn dan kosmetik memerlukan berbagai jenis tumbuhan dan hewan.Hasil industri tersebut biasanya sebagai barang komersial.Hingga akhirnya keanekaragaman hayati tersebut dieksploitasi secara berlebihan.
 



Nilai manfaat nonkonsumtif

 Artinya nilai-nilai langsung dari fungsi keanekaragaman hayati.Contohnya  perlindungan daerah aliran sungai, fotosintesis, pengaturan iklan, penelitian ilmu pengetahuan dan pembentukan tanah.

Keanekaragaman hayati juga memberikan pemandangan alam yang indah.Tidak mengherankan apabila para wisatawan mancanegra senang sekali berkunjung ke kawasan hutan , sungai, arum jeram, laut yang masih alami.Tidak sedikit pula hewan-hewan yang mempunyai bentuk fisik bagus atau perilaku nya yang lucu dapat dijadikan hewan peliharaan.









To be silent is the biggest art in a conversation.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar